Rabu, 18 Maret 2015

5 HAL sebagai berikut:





Adapun 5 hal yang dilakukan setelah 3 hal yaitu:


1. CUCI
Cucilah mobil / kendaraan anda dg menggunakan shampoo khusus utk mobil. Jangan menggunakan sabun cuci piring karena dia akan mengangkat lapisan wax dari permukaan cat dan jangan juga menggunakan deterjen utk pencuci baju karena kandungan soda yg terdapat di dalam deterjennya akan "membakar" permukaan cat.

Jangan dibiasakan mengelap kendaraan sambil menyiram air dg selang karena ada kemungkinan partikel2 kecil dari kotoran masih menempel di permukaan cat dan terbawa oleh lap keseluruh body sehingga bisa menimbulkan baret2 baru / swirl mark.

Cara yg aman adalah sbb :
a. Siapkan 2 bh ember, 1 bh isi dg air bersih dan 1 bh dg air + shampoo (kalau bisa pakai grit guard utk air shampoo)
b. Dengan menggunakan selang, siramkan air mulai dari atap kendaraan turun sampai ke bawah, biarkan kotoran turun sendiri terbawa air. Lakukan sampai seluruh bagian kendaraan basah oleh air.
c. Dg menggunakan microfiber wash mitt celupkan ke ember berisi air shampoo kemudian aplikasikan ke mobil mulai dari atap terus turun ke bawah secara merata.
d. Apabila ingin mengambil shampoo lagi, bilas wash mitt terlebih dahulu di ember yg berisi air bersih, baru celupkan lagi ke shampoo.
e. Lakukan terus sampai seluruh bagian kendaraan dibersihkan oleh shampoo.
f. Bilas dg menggunakan selang air sampai seluruh shampoo hilang dr permukaan cat.
g. Keringkan dg menggunakan water magnet atau chamois yg bersih.
Pilihan shampoonya :
a. Ultimate Wash and Wax
b. Gold Class Car Wash Shampoo & Conditioner
c. Nxt Car Wash

2. SURFACE PREPARATION (MEMBERSIHKAN PERMUKAAN CAT)
Pada langkah ini kita menghilangkan kontaminasi pd permukaan cat yg tidak hilang dg proses mencuci.
Sebelumnya kita harus tahu dulu konsep dr lapisan cat sbb:

Lapisan paling atas adalah lapisan varnish atau pernis, berupa lapisan bening namun keras yg berfungsi utk melindungi lapisan2 cat di bawahnya. Yg dimaksud dg kontaminasi di atas permukaan adalah apabila kotoran hanya menempel di atas pernis.

Untuk menghilangkan kontaminasi seperti ini biasa dipergunakan produk2 Meguar's sbb:
a. Smooth Surface Clay Kit, berupa Kit yg berisi Clay Bar, Quik Detailer sebagai lubrikasinya, Cleaner Wax & Microfiber Towell, biasanya utk menghilangkan overspray.
b. Bug & Tar Remover, biasanya utk menghilangkan kontaminasi yg sifatnya mengandung perekat seperti lem, aspal, getah, serangga, dll.

Kondisi seperti di atas berarti lapisan pernisnya telah mengalami kerusakan akibat baret, oksidasi, swirl mark, water spot,dll. Untuk mengaplikasikan produk pembersih secara manual perlu dilakukan dg gerakan yg sedikit "meggosok" agar pembersih tsb benar2 bisa efektif bekerja. Kadang2 dibutuhkan lebih dari 1 kali aplikasi untuk mendapatkan hasil yg diharapkan.

Untuk mengatasi masalah diatas biasanya digunakan produk sbb (pilih sesuai kondisi) :
a. Ultimate Compound, untuk menghilangkan jamur/water spot, baret menengah, oksidasi, dll


b. Scratch X 2.0, untuk menghilangkan baret halus s/d menengah yg letaknya per spot / per bagian saja.
c. SwirlX, utk menghilangkan swirl mark / baret2 halus berbentuk sarang laba2

3. POLISH (Optional)
Langkah ini bertujuan utk menghasilkan warna yg lebih gelap dan "dalam". Polish memberikan lapisan "minyak" pd permukaan cat sehingga membuat warna cat terlihat lebih, gelap, mengkilap dan tajam. Caranya aplikasikan polish secara merata kemudian langsung di lap bersih. Selain itu polish juga bisa untuk menghilangkan hologram

Produk untuk ini adalah (pilih salah satu):
a. Ultimate Polish
b. Deep Crystal Step 2 Polish

4. PROTEKSI (WAXING)
Sampai dg langkah ke 3 biasanya kondisi cat kendaraan sdh dlm kondisi mengkilap dan bersih, namun kondisi tsb tidak bisa bertahan lama karena polish dan teman2nya tdk mempunyai ketahanan terhadap cuaca. Oleh karena itu perlu diproteksi dg menggunakan wax yg selain berfungsi sebagai proteksi juga bersifat sbg penghasil kilap. Yg perlu diingat adalah pd saat setelah wax diaplikasi kepermukaan cat secara TIPIS dan MERATA, tunggu sekitar 10 - 15 menit minimum supaya "minyak" dari wax diserap oleh lapisan2 cat.
Untuk menggetahuinya dg cara "mencolek" wax yg ada di permukaan cat, apabila dirasa masih berminyak jg di lap dulu, tapi apabila sdh terasa kering baru di lap.
Untuk langkah ini biasa dipakai produk2 sbb (pilih salah satu sesuai kebutuhan) :
a. Deep Crystal Step 3 Carnauba Wax.
b. Gold Class Carnauba Plus Wax
c. NXt Tech Wax 2.0
d. Ultimate Liquid Wax

5. MAINTENANCE (Perawatan)
Apabila suatu kendaraan sudah dlm kondisi yg baik maka langkah yg harus dilakukan adalah menjaga kondisi tsb agar tetap baik yaitu dg cara merawatnya. Adapun produk yg dipakai utk perawatan adalah
(pilih salah satu sesuai kebutuhan) :
a. Ultimate Quik Detailer.
b. Golld Class Quik Detailer.
c. Quik Detailer

Adapun yg dimaksud dg perawatan adalah melakukan langkah 1 (CUCI) & 5 (MAINTENANCE) secara rutin dan berkala, misal seminggu 1-2 kali mobil dicuci dg shampoo kemudian setelah dikeringkan disemprot dg produk perawatan secara tipis dan merata kemudian di lap. Hal ini akan membuat kendaraan akan terlihat selalu mengkilap seperti habis di wax dan akan membuat wax yg menempel di permukaan cat menjadi lebih awet dan tahan lama. Untuk langkah 3 & 4 cukup dilakukan 2-3 bulan sekali, sedangkan langkah 2 dilakukan jika perlu saja.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Online Shop

Daftar Isi

Pembaca

Copyright © 2012. Jo Service Station Autodetailing Semarang - All Rights Reserved My Free Template by Bamz